Selasa, 31 Oktober 2017

Sedap nya Ragam Kopi Tasikmalaya di Singaparna

Ketika traveling, selain menikmati keindahan alam, yang tidak boleh ketinggalan tentunya adalah wisata kuliner. Nampaknya bagi travelers yang sedang diet ketat, menikmati kuliner khas berjenis makanan berat seolah menjadi pantangan.


Alternatifnya adalah menikmati wisata kuliner yang menyehatkan. Menikmati kopi adalah salah satu cara untuk bersantai sambil menikmati panorama alam yang indah di sekitarnya. Kopi juga diyakini dapat menurunkan berat badanapabila diminum sesuai anjuran dengan kandungan kopi yang masih tetap terjaga.

Kopi memang biasanya terkenal di daerah yang bersuhu dingin, karena memang kopi berkualitas baik membutuhkan elevasi yang cukup tinggi di atas 700 m dpl agar tumbuh dan menghasilkan kopi berkualitas baik.
Daerah penghasil kopi yang sangat terkenal sejak dulu adalah Gayo dan Toraja. Padahal sebenarnya hampir di setiap daerah di Indonesia memiliki kopi yang menjadi ciri khas daerah. Tetapi mungkin karena kurang dipromosikan, membuat kopi selain dari daerah yang terkenal penghasil kopi menjadi kurang begitu dikenal.

Sebagai contoh, meskipun saya tinggal di Tasikmalaya tetapi tidak tahu kalau ternyata juga menghasilkan kopi yang berkualitas baik. Tasikmalaya memiliki beberapa daerah penghasil kopi yang memiliki kualitas baik.

Daerah penghasil kopi terbaik di Tasikmalaya, diantaranya dari CigalontangTaraju dan Kadipaten. Memang ketiga kecamatan tersebut memiliki elevasi yang memadai untuk budidaya kopi.
Nah, untuk mengenalkan kopi Tasikmalaya ke para penggemar kopi, beberapa orang penggiat kopi Tasikmalaya yang didukung oleh Pemkab Tasikmalaya, membuka gerai kopi di Gedung Bupati (Gebu) di Singaparna.

Gerai kopi ini adalah Cafe Siap. Cafe Siap ini berada di basement Gebu di Singaparna. Pemilihan lokasi di basement ini saya kira tepat, karena tidak mengganggu layanan kepada masyarakat. Selain itu, bagi pengunjung Cafe Siap akan mudah menemukannya karena tidak usah masuk ke gedung pemerintahan.

Pengunjung dapat masuk dari gerbang utama di Tugu Lam Alif Komplek Gebu Singaparna, masuk ke arah Gedung Sekretariat Daerah Kabupatan Tasikmalaya, memutar ke kira atau ke kanan, masuk ke belakang dan dapat langsung parkir di bagian belakang Gebu.