Jumat, 29 Desember 2017

Tips-Tips Memilih Warna Cat Rumah Eksterior yang Tepat

Bagian rumah yang dicat bukan hanya bagian dalam atau interiornya saja, melainkan juga bagian luar tau eksteriornya. Hal ini dikarenakan antara eksterior dan interior saling berhubungan satu sama lain dan sama-sama merupakan bagian dari rumah. Bahkan tidak bisa terpisahkan satu sama lain. Maka dari itulah pemilihan warna cat rumah haruslah dipertimbangkan untuk warna cat interior dan eksteriornya.

Tidak perlu bingung dalam menentukan warna cat untuk rumah. Banyak referensi dan contohnya. Kita bisa melihat langsung di sekitar kita atau banyak-banyak melakukan browsing. Semakin banyak referensi yang dikumpulkan, maka akan semakin banyak ide yang kita dapatkan.


Pemilihan cat rumah pun tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Harus sesuai dengan tipe rumah, gaya rumah, dan tema rumah. Kesemua faktor tersebut harus dipertimbangkan dalam memilih warna cat interior dan eksterior.

Untuk bagian eksterior rumah, biasanya cat yang dibutuhkan adalah untuk mengecat bagian teras, pagar, dan bagian samping rumah. Pokoknya semua yang tampak depan. Tidak akan seribet mengecat bagian eksterior rumah memang, tapi warna cat yang dipilih akan mempengaruhi sisi keindahan rumah juga.

Apalagi yang akan menilai adalah semua orang yang lewat di depan rumah kita. Kalau cat interior yang menilai adalah tamu-tamu dan tidak sebanyak orang yang lewat di depan rumah. Maka dari itulah pemilihan cat harus benar-benar dilakukan dengan matang.

Jangan sampai pemilihan cat justru merusak keindahan rumah. Tetap memilihkan warna cat rumah eksterior yang sejalur atau setema dengan warna cat interior. Berikut adalah tips memilih warna cat rumah eksterior yang tepat:
       Memilih cat yang berkualitas dan awet. Sebenarnya macam cat rumah sama saja. Namun untuk pengaplikasian cat eksterior, lebih baik memilih cat dengan kualitas yang terbaik. Bahkan lebih awet daripada kualitas cat interior. Tindakan ini bukan tanpa alasan, karena secara tidak langsung, bagian eksterior rumah akan berhubungan dengan suhu luar yang ekstrim.

Sehingga cat akan gampang mengelupas atau pudar warnanya. Hasilnya pasti akan jelek dan membuat tampilan rumah tidak indah lagi. Untuk itulah, memilih cat dinding berkualitas dengan warna cat rumah yang terbaik harus dilakukan.

       Jangan pelit biaya untuk membeli cat rumah yang mahal. Karena yang mahal itulah yang pasti kualitasnya. Sudah tidak bisa ditepis lagi. Maka dari itu, pilih cat rumah yang berkulitas untuk eksterior rumah, walaupun harganya mahal, tetap terjang demi keawetan cat dinding rumah bagian depan, sehingga akan terlihat menarik.

       Berilah lapisan cat yang bagus, artinya bahwa sebelum dicat, berikan cat dasar pada dindingnya. Sehingga akan memberikan tampilan cat yang maksimal dan awet. Akan ada instruksi pada kemasan cat tertentu yang menyarankan penggunaan pelapis cat yang sudah disertakan dalam satu paket pembelian.

Fungsi pelapis cat ini adalah untuk memberikan warna yang sempurna. Bisa dibandingkan jika tidak menggunakan pelapis. Warna cat tidak akan sempurna jika tanpa menggunakan pelapis cat. Pelapis ini digunakan sebelum pengaplikasian cat.

Banyaknya produk cat rumah yang ada di pasaran sudah pasti akan membuat kita bingung. Ini dikarenakan memang produsen cat bertindak memfasilitasi keinginan konsumen untuk memperindah rumahnya. Tugas konsumen adalah menikmati produknya. Maka dari itulah harus lebih hati-hati dalam membeli.

Begitu pun dengan memilihkan warna cat rumah bagian ekterior. Tidak bisa sembarangan walaupun diaplikasikan di luar ruangan. Harus tetap memperhatikan keindahan rumah.