FMB9 Mengadakan Diskusi Dengan Tema Terobosan dan Sinergi Layanan Dasar di Kalimantan Selatan

Rabu, pada tanggal 6 maret 2019, aku dan teman-teman blogger Banjarmasin diundang ke acara diskusi yang diadakan oleh Forum Merdeka Barat 9 atau yang disingkat dengan FMB9, diskusi rabu itu yang bertema Terobosan dan Sinergi Layanan Dasar (kesehatan, desa dan pendidikan).



FMB9 dan juga Menkominfo kembali menyelenggarakan diskusi yang mengundang media masa di daerah, mulai dari jurnalis televisi, surat kabar, blogger dan vlogger.

FMB9 sendiri adalah singkatan dari Forum Merdeka Barat, dimana di antara tujuan forum ialah untuk menghalau hoax yang kadang terjadi di masyarakat.

FMB9 pun adalah forum sah dari pemerintah untuk mengucapkan informasi strategi untuk masyarakat sekaligus pun mengklarifikasi isu-isu yang sedang berkembang di masyarakat.



Pada forum itu aku muncul sebagai undangan dari blogger daerah bareng teman-teman dari blogger banua, ada sejumlah pembahasan yang dikatakan pada ketika itu, di antaranya ialah kesehatan, desa, dan edukasi dengan tema acara 'Terobosan dan Sinergi Layanan Dasar di Kalimantan Selatan'.

Sedangkan pemateri sendiri di hadirkan langsung dari pejabat pemerintah berhubungan dan yang terpercaya salah satunya ialah staf berpengalaman menteri bidang aksesbilitas sosial kemensos Marjuki. Salah satu urusan yang dikatakan oleh Marjuki ialah mengenai PKH yang telah di jalankan oleh pemerintah.

PKH atau Program Keluarga Harapan ialah program pertolongan sosial bersyarat untuk keluarga miskin. PKH sendiri memiliki tidak sedikit tujuan ke masyarakat yang membutuhkan bantuan, diantaranya seperti meminimalisir kemiskinan dan kesenjangan, menambah pendapatan keluarga kurang mampu dan rentan, mendorong evolusi perilaku dan kemandirian KPM (Keluarga Penerima Manfaat) dalam hidup sehat dan mengkhususkan pendidikan, dll.

Program ini telah dijalankan semenjak tahun 2014 dan sudah dialami manfaatnya oleh selama 2,79 juta KPM, Angka KPM ini terus meningkat sampai tahun 2018 yakni sekitar 10 juta KPM.

Perlu diketahui, angka kemiskinan di kalsel masing-masing tahunnya terus meningkat, melulu saja bila dikomparasikan dengan tingkat nasional penambahan kemiskinan di kalsel tergolong rendah, urusan ini tampak dari data grafik yang di tampilkan

Lalu apakan program ini menemukan hasil yang positif ? jawabannya terdapat ya, urusan ini terbukti dari adanya penambahan akses KPM terhadap kemudahan kesehatan dan pendidikan, yang memang menjadi di antara tujuan dari PKH.

Sedangkan dari sisi kesehatan ada sejumlah tujuan yang hendak dicapai, laksana menurunkan AKI (Angka Kematian Ibu), AKB (Angka Kematian Bayi), gizi buruk dan stunting, untuk menjangkau hasil ini pemerintah berupaya mengemban 15 program dimana 15 program ini bakal menurunkan AKI, AKB, gizi buruk dan stunting.

Salah satu program yang telah dijalankan ialah 1 desa, 1 bidan, 1 perawat, 1 berpengalaman gizi dan 1 skm, dimana program ini terbukti bisa menurunkan AKB dan AKI di desa-desa.

Selain tersebut masih ada sejumlah pembenahan yang mesti dilaksanakan oleh pemerintah kedepannya, entah tersebut dari bpjs, ataupun penambahan kualitas dokter di Indonesia terutama di distrik Kalimantan Selatan.

Acara diskusi ini juga bisa kalian ikuti secara lengkap di website dan media sosial milik FMB9 seperti www.fmb9.id, FMB9ID (Twitter), FMB9.ID (Instagram), FMB9.ID (Facebook), dan FMB9ID (Youtube).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ingin Membeli Barang Murah di Harbolnas, Ikuti Tips Ini