Kapan Anda Harus Melakukan Service Motor?


Service motor adalah salah satu kegiatan yang harus dilakukan oleh Anda ketika baru saja membeli motor. Hal ini menjadi penting karena untuk mencegah kerusakan yang mungkin saja akan terjadi pada masa mendatang.

Selain itu, ketika Anda membeli motor baru dari dealer Anda akan mendapatkan seperangkat layanan gratis untuk service sebagai bentuk pertanggungjawaban perawatan sepeda motor oleh dealer. Apapun kendala dan keluhan Anda atas kendaraan akan diperbaiki ketika Anda melakukan service.



Mungkin Anda masih mengalami kebingungan kapan waktu yang optimal untuk melakukan service jika tidak terdapat kerusakan seperti contohnya kerusakan ban, mesin dan sebagainya. Jika Anda bingung, Anda dapat membaca buku panduan. Biasanya tertulis dengan jelas kapan harus melakukan service secara berkala atau rutin. Jika masih bingung, Anda dapat menanyakan kepada dealer dimana Anda membeli kendaraan bermotor.

Jika Anda adalah pengguna motor Yamaha, Anda dapat berpatokan pada KSG (Kartu Service Gratis) yang diberikan oleh pihak dealer untuk perawatan motor yang baru dibeli. KSG terdiri dari empat kali service gratis dan satu kali gratis penggantian oli kendaraan.

Setelah masa KSG berakhir, Anda juga masih harus melakukan beberapa kali service untuk menjaga performa dan menghindari kerusakan pada mesin. Berikut beberapa rincian, kapan Anda harus melakukan service motor :

  1. Service Wajib
Service wajib dilaksanakan ketika Anda baru saja membeli motor baru dari dealer. Service ini harus dilakukan sesuai jadwal. Jika tidak, maka Anda akan dikenakan biaya. Pelaksanaan service rutin ini mengikuti panduan pada KSG. Biasanya terdiri dari empat kali service. Jika terdapat gangguan atau ketidaknyamanan pada kendaraan bermotor akan ditangani ketika service rutin.

1.    KSG 1 (1.000 KM) : Maksimal service dilakukan satu bulan terhitung dari tanggal pembelian. KSG 1 memberikan layanan service dan penggantian oli secara gratis.
2.    KSG 2 (4.000 KM) : Maksimal service dilakukan empat bulan terhitung dari tanggal pembelian. KSG 2 memberikan layanan service secara gratis.
3.    KSG 3 (7.000 KM) : Maksimal service dilakukan tujuh bulan terhitung dari tanggal pembelian. KSG 3 memberikan layanan service secara gratis.
4.    KSG 4 (10.000 KM) : Maksimal service dilakukan sepuluh bulan terhitung dari tanggal pembelian. KSG 4 memberikan layanan service secara gratis.

  1. Service Rutin/Berkala
Service motor rutin dilaksanakan secara berkala dalam waktu-waktu tertentu dan mengganti bagian-bagian yang perlu diganti untuk mempertahankan performa mesin. Hal ini perlu untuk dilakukan secara rutin jika Anda tidak ingin terjadi kerusakan yang serius pada motor. Beberapa pengecekan rutin tersebut antara lain sebagai berikut :

1.    Charger Accu dan kelistrikan : setiap 3 bulan sekali (3.000 Km)
2.    Service injector : setiap 10.000 Km
3.    Pergantian oli : setiap 2.000 Km
4.    Pergantian oli garden : setiap 10.000 Km
5.    Air radiator : setiap 9.000 Km
6.    Filter Oli : setiap 9.000 Km
7.    Carbon cleaner : setiap 3.000 Km
8.    Busi : setiap 6.000 Km
9.    Accu : setiap 20.000 Km
10. Kampas Rem : setiap 15.000 Km
11. Gear Set : Setiap 20.000 Km

  1. Service Accidental
Service yang dilakukan dalam waktu yang tidak terduga karena terjadi kerusakan pada bagian motor yang mempengaruhi kinerja.

Itulah beberapa pedoman untuk melakukan service motor yang bisa Anda lakukan untuk meminimalisir kerusakan pada mesin.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ingin Membeli Barang Murah di Harbolnas, Ikuti Tips Ini